Bias Kaum Hawa

7Perhelatan akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang baru saja digelar, merupakan acara otomotif tahunan terbesar yang diadakan di Indonesia. Berbagai jenis kendaraan merek ternama dipamerkan dalam ajang tahunan ini. Semua berlomba menampilan yang terbaik, mulai dari display kendaraan hingga Sales Promotion Girl (SPG) yang tampil seksi sebagai pemikat para pengunjung.

Sosok SPG dalam dunia otomotif seolah tidak dapat dipisahkan. Mereka selalu ada sebagai pemanis kendaraan bermerek yang sedang dipamerkan. Peran wanita semacam ini telah menjadi hal yang lumrah dalam dunia otomotif, namun sesungguhnya hal tersebut merupakan bentuk eksploitasi terhadap kaum hawa.

Mereka secara sadar atau tidak dijadikan objek “Dagangan” dalam dunia industri untuk menaikkan penjualan ataupun pamor perusahaan. Kelebihan wanita berupa paras yang cantik dan tubuh yang jenjang “dianggap” sebagai objek yang dapat diperjual belikan. Hal ini, memunculkan suatu stereotif dan stigma negatif terhadap kaum hawa.

Tidak hanya dalam dunia otomotif. Dalam kehidupan sehari-hari pun kaum hawa cenderung mudah untuk dijadikan objek eksploitasi yang menjanjikan. Hampir setiap hari wanita tampil di berbagai media masa sebagai tokoh yang menjajakan produk tertentu. Citra wanita dibangun dan disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku bisnis dan industri. Sayangnya tidak banyak orang yang menyadari, bahkan kaum perempuan itu sendiri.

1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s