Gallery

Balada Pelukis Jalanan

1

Pagi mulai menyapa Bogor si kota hujan. Geliat aktifitas mulai terasa, tidak terkecuali di salah satu sudut dinding Kebun Raya. Pelukis jalanan mulai memajang karya-karyanya, serta meyelesaikan pekerjaan mereka yang tertunda kemarin. Ada sekitar 7 orang pelukis jalanan menjajakan jasanya di Jl. Raden Saleh, Kota Bogor. Salah satunya Ricky, yang sudah 11 tahun “mangkal” disana.

Ayah tiga anak ini, memulai karirnya sebagai pelukis jalanan sejak 1998 secara otodidak. Ricky bukan sembarang pelukis jalanan. Dia sudah melakukan pameran lukisan lebih dari 20 kali di beberapa kota.

234

Awalnya hanya dia sendiri yang jajakan jasa lukis di sudut kebun raya. Sekarang sudah ada beberapa rekanya yang ikut mangkal disana. “ kalo dulu, mangkal dua hari, libur seminggu karena banyak yang memesan lukisan” kenang Ricky. Menurutnya rezeki itu tidak akan pernah tertukar, semuanya sudah diatur yang kuasa.

Dia juga menuturkan, kerjanya sudah tidak secepat dulu. Sejak isterinya meninggal saat melahirkan anak ketiganya, Ricky harus bekerja sambil mengasuh dua anak sulungnya. Sementara si bungsu, Fira (1.3) harus dititipkan pada tetangga, karena tidak mungkin dibawa bekerja.

Sasa (11) dan Amir (5) selalu ikut menemani ayahnya bekerja di jl. Raden Saleh. Seperti anak seusianya, mereka tumbuh dengan ceria. Kini Sasa sudah kelas 5 sekolah dasar.

Ricky tidak pernah mengeluh dengan nasibnya sebagai pelukis jalanan. Dan tidak ingin menyalahkan yang kuasa memanggil istri tercinta. Menurutnya hidup itu seperti roda, kadang diatas kadang dibawah. Hanya bagaimana cara kita mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan. Kini dia, hanya ingin membesarkan tiga buah hatinya dan selalu melihat senyum mereka.

78

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s